Ada Jose Mourinho di Balik Pemanggilan Roger Ibanez ke Timnas Brasil

salam olahraga - Jose Mourinho jadi sosok pertama yang diingat Roger Ibanez atas pemanggilan yang diterimanya ke timnas Brasil. Tanpa pelatih AS Roma itu, Ibanez merasa tidak akan pernah mendapatkan kesempatan berharga ini.


Ibanez secara mengejutkan dipanggil oleh tim Samba untuk jeda internasional, melawan Ghana di tanggal 23 September 2022 dan Tunisia di tanggal 27 September 2022. Ia menjaga kedalaman skuad di posisi bek tengah.


Sebelum pemanggilan ini, Ibanez hanya pernah bermain sebanyak enam kali untuk timnas Brasil U-23. Setelah naik kelas tidak sekalipun pemain berusia 23 tahun ini dipanggil ke timnas senior, sampai akhirnya kesempatan itu datang.


Walaupun begitu, kesempatannya untuk menjalani laga debut masih akan berat. Brasil saat ini masih memiliki komposisi bek tengah yang mumpuni, sehingga tidak akan mudah bagi Ibanez menyerobot ke tim utama.


Peran Mourinho


Mourinho tidak perlu banyak waktu sejak kedatangannya ke Roma untuk mempercayai Ibanez. Tepat di musim pertamanya menangani Giallorosi, Ibanez telah menjadi pemain penting dengan bermain sebanyak 51 pertandingan di seluruh ajang musim 2021/2022.


“Ketika saya pertama kali memulai karier di Italia, saya bermain dengan Atalanta. Pengalaman saya di sana terbukti menjadi pengalaman penting di mana saya bisa belajar banyak,” ujarnya dilansir dari Roma Press. Agen bola terpercaya


“Selain itu, saran Mourinho telah banyak membantu saya. Dia adalah salah satu alasan saya bisa berada di sini [Skuad Timnas Brasil].”


Instruksi Tepat


Menurut pengakuan Ibanez, Mourinho kerap kali memberikan instruksi yang tepat kepada dirinya. Sekalipun itu termasuk untuk bermain di luar posisi aslinya. Akan tetapi, setiap instruksi tersebut dijalaninya dengan sungguh-sungguh.


“Saya memainkan beberapa pertandingan di Roma sebagai bek kanan dan kiri. Tetapi jelas peran itu adalah peran yang berbeda dari full-back ofensif yang biasa Brasil lakukan,” akunya.


“Satu-satunya hal yang harus saya lakukan adalah mendengarkan apa yang diminta pelatih kepada saya dan jika dia membutuhkan saya di posisi itu, saya akan beradaptasi.”


Potensi Debut


Sekalipun sudah dipanggil, potensi debut Ibanez masih belum pasti. Pasalnya di skuad Brasil saat ini, ada banyak pemain di posisi bek tengah yang mumpuni.


Brasil bisa memilih nama-nama yang lebih populer di tim utama, seperti Eder Militao (Real Madrid), Marquinhos (Paris Saint-Germain), Gleison Bremer (Juventus), dan Thiago Silva (Chelsea).


“Hari pertama saya di sini hanya mengisi saya dengan perasaan yang tidak dapat dijelaskan, berlatih dengan pemain kuat seperti itu benar-benar istimewa,” ujar Ibanez.


26 Pemain Timnas Brasil untuk Jeda Internasional September 2022


Kiper: Alisson (Liverpool), Ederson (Manchester City), Weverton (Palmeiras)


Belakang: Alex Sandro (Juventus), Alex Telles (Sevilla), Gleison Bremer (Juventus), Danilo (Juventus), Eder Militao (Real Madrid), Roger Ibanez (Roma), Marquinhos (Paris Saint-Germain), Thiago Silva (Chelsea )


Tengah: Bruno Guimaraes (Newcastle United), Casemiro (Manchester United), Everton Ribeiro (Flamengo), Fabinho (Liverpool), Fred (Manchester United), Lucas Paqueta (West Ham United)


Depan: Antony (Manchester United), Roberto Firmino (Liverpool), Matheus Cunha (Atletico Madrid), Neymar (Paris Saint-Germain), Pedro (Flamengo), Raphinha (Barcelona), Richarlison (Tottenham Hotspur), Rodrygo (Real Madrid), Vinicius Junior (Real Madrid)